Desa Kumasari | Portal Desa
Mari Berdayakan Potensi Desa Kumasari melalui Webiste desa, sebagai sarana untuk menunjang kemajuan desa kumasari menyambut kemajuan era digital

Pentingnya Website Desa Bagi Warga Pedesaan

Ditulis Oleh Edukasi Administrator pada tanggal

Di era yang serba digital dan terhubung ke internet ini, desa sebagai salah satu bagian penting dalam perkembangan masyarakat sangat perlu untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Pasalnya, desa juga perlu mendapatkan asupan informasi dalam setiap gerak zaman agar dapat memenuhi kebutuhannya dan mendapatkan manfaatnya.

Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengapa pembuatan website desa sangatlah penting bagi masyarakat pedesaan dan berikut adalah beberapa alasan yang mendukung terselenggaranya arus informasi sehat dalam desa melalui website milik desa yang terarah dan juga konstruktif bagi warga.

  1. Informasi Lokal

Beberapa tahun yang lalu, kebutuhan akan informasi diperoleh dari televisi dan untuk informasi lokal didapat melalui siaran radio lokal. Namun, ada keterbatasan pada media tersebut yakni sulit untuk dibagikan kepada mereka yang tidak mendengar atau melihatnya. Oleh karena itulah, website desa perlu untuk dibuat sebagai pusat informasi lokal.

Website desa sebagai arus informasi lokal juga bisa dimanfaatkan sebagai poros informasi dari perangkat desa terhadap warga desa. Segala bentuk sosialisasi, undangan, dan berbagai macam informasi dan kepentingan lainnya bisa disampaikan dengan menggunakan website ini sehingga warga dapat menjangkaunya kapan saja.

  1. Upaya Keamanan dan Menangkal Berita Bohong

Selain sebagai media yang memberikan berbagai macam arus informasi lokal, website desa juga dapat digunakan sebagai pusat informasi untuk koordinasi keamanan desa yang bermanfaat untuk menjaga keamanan desa. Dengan demikian, siskamling yang umumnya diadakan antar RT atau RW bisa ditingkatkan lebih jauh menjadi tingkat desa.

Sudah menjadi rahasia umum apabila berita bohong atau yang disebut sebagai hoax sangat masif berkembang di internet. Apabila hal tersebut sangatlah vital bisa mengakibatkan berbagai macam dampak negatif bagi desa. Karena, arus informasi melalui internet memiliki sifat arus yang sangat deras dan tidak dapat dibendung kecuali dengan konfirmasi.

  1. Media Silaturahmi

Karena dimiliki oleh pihak yang terbatas, website desa juga bisa dimanfaatkan sebagai media silaturahmi antara perangkat desa dengan warganya. Pesan-pesan dari kepala desa bisa disampaikan secara masif dari atas kepada warga desa. Dengan demikian, desa selalu dapat terhubung satu dan lainnya.

  1. Sarana Peningkatan SDM Desa

Selain sebagai arus media informasi lokal, sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan juga menangkal berita bohong, media silaturahmi, website desa juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan SDM Desa. Bahkan ketika warga desa mulai mampu untuk mendapatkan informasi dari website sudah ada peningkatan SDM.

Peningkatan SDM desa yang diincar adalah penggunaan website sebagai media yang menyediakan berbagai asupan yang sesuai dengan karakteristik desa. Asupan yang bisa diberikan untuk warga desa bisa berupa pelatihan melalui video guna yang berhubungan dengan pekerjaan warga desa seperti seputar pertanian, peternakan, dan lain-lain.

Itulah beberapa alasan yang sudah tentu akan memberikan manfaat pada desa apabila desa mulai mengandalkan website desa sebagai sarana dan media untuk beberapa hal yang dibutuhkan. Website tersebut dapat dibangun secara koordinatif melalui karang taruna atau pihak lain yang memiliki kompetensi dalam bidangnya.

Dengan adanya website desa ini, diharapkan masyarakat pedesaan juga dapat melek IT atau dapat memahami bahwa IT atau internet dan arus informasi bisa dimanfaatkan selama mengetahui batasan batasannya. Dengan demikian desa diharapkan mampu berkembang lebih maju dan tentunya warganya dapat lebih sejahtera dan makmur.